Cara mengaktifkan web proxy pada mikrotik

Cara mengaktifkan web proxy pada mikrotik. Tutorial kali ini penerapan yang saya terapkan pada Mikrotik RB 750 cara mengaktifka web proxy pada mikrotik rb 750, sedangkan fungsi dan tujuan menggunakan proxy bisa cari di google, sementara saya hanya memanfaatkan fungsi cache-nya saja,

yang pada dasarnya bisa buat proteksi beberapa situs yang mungkin tidak diperbolehkan diakses melalui jaringan lokan tersebut. Aktifkan web proxy mikrotik rb 750 Konfigurasinya menggunakan remote via winbox, berikut print screen-nya. 

Buka winbox >> IP >> Web Proxy <> Tab General


Centang Enabled
Port : 1010 / 8080
Cache Administrator : bisa tambahkan email addres atau biarkan default webmaster, Centang Cache On Disk Singkatnya sesuaikan dengan cara di atas saja. untuk port bisa di sesuaikan dengan HC yang kalian punya. untuk HC di atas bisa di bawah ini

Langkah selanjutnya silahkan tekan tombol "Apply" kemudian OK, sampai sini web proxy sudah terinstal pada mikrotik kita, tinggal melakukan pengaturan web proxy pada browser komputer yang digunakan secara manual, atau bisa juga dengan cara otomatis, sehingga tidak perlu melakukan konfigurasi pada masing-masing client, atau biasa dikenal dengan transparan proxy.

B. Membuat Web Proxy menjadi Transparan
Masuk ke Menu winbox mikrotik pilih : IP >> Firewall >> Nat
Sesuaikan seperti pada gambar berikut :

Kemudian di bagian action, arahkan ke port 1010 seperti gambar di bawah :

Konfigurasi transparant web proxy sudah selesai, langkah selanjutnya pengujian apakah web proxy sudah berjalan dengan baik :

1. Pengujian lihat dimenu : IP >> Web Proxy >> Status >> Connections

Pastikan di kedua halaman diatas terlihat ada proses yang berjalan, tips tersebut menghubungkan proxy externel dengan internal proxy.

About the Author

Unknown

Author & Editor

Zahirah Net adalah warnet dan game center. yang menyajikan informasi Teknologi Terbaru untuk warnet, game online, Handycache, review, mikrotik, guide terlengkap PC. Artikel yang diterbitkan dengan itikad baik dan untuk tujuan informasi umum saja. Blog zahirah-net ini agar bermanfaat dan mampu memberikan motivasi kepada para pengusaha warnet dan game online yang baru atau pun yang berencana membuka usaha warnet dan game online.

0 komentar :

Post a Comment

"Silakan komentar dengan bijak, sopan, dan tidak berbau SARA".


iklan

 

Copyright © Zahirah Net . All rights reserved. SEO Reports for zahirah-net.blogspot.co.id Template by CB Blogger & Templateism.com

kembali ke atas