Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer

Menjaga kesehatan Mata di depan komputer
Tahukah anda, bahwah terlalu lama di depan komputer dapat menimbulkan dampak Negatif bagi kesehatan, terutama pada mata anda, karena kurangnya aktifitas seperti berolah raga maka, tidak dapat membuat tubuh anda tidak membakar kalori sehingga menjadi timbunan lemak yang membuat kegemukan terutama pada perut, kata lain Buncit bahkan Obesitas.

Sebagai pengusaha ataupun OP Warnet kita tidak bisa terpisahkan karena tuntutan sebuah pekerjaan yang harus berada di depan komputer selama berjam-jam yang kadang tidak bisa dihindari.

Seiring perkembang teknologi komputer menjadi layar datar, radiasi juga semakin kecil dibandingkan komputer tabung. Asal perilaku diubah, permasalahan mata lelah karena terlalu lama menatap layar atau yang dinamakan computer vision syndrome (CVS) bisa diminimalisir.

Berikut saya kasih beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata saat berada di depan komputer :


1. Kecerahan layar monitor
Aturlah posisi dan kecerahan layar monitor sesuai dengan posisi yang paling nyaman untuk anda. Jangan mengatur tampilan layar menjadi terlalu cerah atau terlalu gelap agar anda tidak kesulitan dalam melihat monitor.

2. Gunakan Screen Protector
Usahakan untuk memasang Screen Protector untuk mengurangi pancaran radiasi dari layar monitor ke mata anda, sehingga tidak cepat membuat mata anda kelelahan saat melihat layar monitor.

3. Atur Jarak Pandang Mata
Aturlah jarak antara mata dengan monitor, idealnya jarak mata dengan monitor yang aman adalah 50 – 100 cm.

4. Istirahatkan Mata
Secara normal manusia akan berkedip sebanyak 18 kali selama satu menit, namun akan tetapi ketika kita menatap layar monitor mata kita akan jarang berkedip. Maka dari itu usahakanlah setiap 1 jam istirahatkan mata selama 5 menit saja tanpa menghadap monitor, agar mata anda tidak mudah iritasi atau mudah lelah.

5. Alihkan Pandangan
Saat menatap monitor mata anda hanya akan tertuju pada satu objek saja yaitu monitor. Usahakanlah anda mengalihkan pandangan anda sejenak saja dari monitor, pandanglah pemandangan sekitar anda terutama pepohonan hijau jika ada.

6. Konsumsi Buah dan Sayur
Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A sangat bagus dan baik bagi kesehatan mata anda, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar anda tidak kekurangan vitamin A sehingga anda tidak memiliki gangguan mata nantinya.

7. Periksa Mata
Usahakanlah setiap 3 bulan sekali anda memeriksakan kondisi mata anda, jika suatu saat anda mempunyai keluhan maka akan segera mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya.

Selain tips di atas juaga ada cara lain untuk dilakukan saat berhadapan di depan komputer, salah satunya dengan penjabaran menggunakan rumus 20 20 20, Penjabaran dari rumus tersebut adalah kalau membaca atau melihat apa pun (bukan hanya komputer), setelah 20 menit mata diistirahatkan selama 20 detik. Caranya, melihat jauh minimal 20 kaki (sekitar 6 meter). Baru setelah itu bekerja lagi.

Sebaiknya mata melihat jauh sebagai misal keluar jendela. Namun jika tempat kerja berada di ruangan yang dibatasi tembok, cukup dengan cara memejamkan mata.

Selain rumus 20 20 20, metode lain untuk menghindari mata lelah adalah saat membaca posisi layar disejajarkan dengan mata. Jarak tidak boleh kurang dari 30-40 cm (tergantung layarnya). Sikap tubuh tegak, seperti menulis di meja sehingga lebih terjaga posisinya.

Demikian Tips dari saya, semoga bermanfaat.

About the Author

Unknown

Author & Editor

Zahirah Net adalah warnet dan game center. yang menyajikan informasi Teknologi Terbaru untuk warnet, game online, Handycache, review, mikrotik, guide terlengkap PC. Artikel yang diterbitkan dengan itikad baik dan untuk tujuan informasi umum saja. Blog zahirah-net ini agar bermanfaat dan mampu memberikan motivasi kepada para pengusaha warnet dan game online yang baru atau pun yang berencana membuka usaha warnet dan game online.

0 komentar :

Post a Comment

"Silakan komentar dengan bijak, sopan, dan tidak berbau SARA".


iklan

 

Copyright © Zahirah Net . All rights reserved. SEO Reports for zahirah-net.blogspot.co.id Template by CB Blogger & Templateism.com

kembali ke atas